foto1
Dosen dan Karyawan Program Studi Pendidikan Sosiologi
foto1
KLT Prodi Pendidikan Sosiologi 2018
foto1
Visitasi 2016 dan Kongres Sosiologi IV Prodi Pendidikan Sosiologi
foto1
Prodi Pendidikan Sosiologi

Login Form

 

Nama : Wibi Wijaya, S.Pd
Tempat/Tgl Lahir : Sako Dua/ 16 April 1993
NIPS  
Alamat : Belakang Kantor TVRI Sumbar Air Pacah Padang
Pangkat/Golongan : III/a
Pendidikan : STKIP PGRI SUMBAR
Jurusan : Pendidikan Sosiologi

Sejarah Program Studi

Dikeluarkan Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Nomor 108/DIKTI/Kep/2001, mengisyaratkan bahwa pemerintah memberikan kesempatan yang luas kepada Perguruan Tinggi maupun Sekolah Tinggi di Indonesia untuk mengembangkan Program Studi sesuai dengan dasar pertimbangan Undang -Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang SIstem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) bahwa sistem pendidikan nasional harus mampu menjamin pemerataan kesemapatan pendidian, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidian untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah dan berkesinambungan. Program Studi Pendidikan Sosiologi sangat memungkinkan untuk dibuka mengingat beberapa pertimbangan:


                    Pertama, jumlah guru Sosiologi yang masih sangat terbatas dari data guru Sosiologi di Sumatera Barat yang ada sekarang berjumlah 271 orang (yang berasal dari tamatan pendidikan Sejarah bukan Pendidikan Sosiologi), sedangkan idealnya 552 orang. Jadi masih kurang 327 orang, ditambah lagi dengan kekurangan guru Sosiologi di Provinsi-Provinsi tetangga seperti Provinsi Jambi, Bengkulu, Riau dan Sumatera Selatan.

                      Kedua, Satu-satunya Perguruan Tinggi yang mempunyai program studi Pendidikan Sosiologi-Antropologi di Pulau Sumatera hanyalah Universitas Negeri Padang (UNP), sedangkan dilingkungan KOpertis Wilayah X belum ada Program studi Pendidikan Sosiologi. Atas dasar pertimbangan diatas, maka STKIP PGRI Sumatera Barat memandang perlu didirikan Program Studi Pendidikan Sosiologi.

                       Ketiga, Berdasarkan keputusan Dirjen Pendidikan Menengah tahun 2007 tentang pelaksanaan Ujian Nasional (UN), mulai tahun ajaran 2007/2008 untuk Sekolah Menengah Umum (Jurusan IPS). Mata Pelajaran Sosiologi dimasukkan dalam mata pelajaran yang di uji dalam Ujian Nasional (UN) sehingga perlu dirasa mencetak atau menghasilkan tenaga Pendidik atau para guru mata pelajaran ini.

                          Keempat, Lulusan Program Studi Pendidikan Sosiologi memiliki banyak peluang kerja selain dibidang kependidikan (Guru) mereka juga memiliki peluang kerja dilembaga lainnya seperti diberbagai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM, Lembaga Survey, Lembaga Penelitian Kemasyarakatan, Balai Kajian, Pusat Studi dan Lain-lain.

Admin Program Studi Pendidikan Sosiologi Periode Tahun 2018 sampai dengan Sekarang Yulvera, A.Md

 

Admin Program Studi Pendidikan Sosiologi Periode Tahun 2012 sampai dengan Tahun 2017

Ria. S, A.Md

 

 

 

 

Sinopsisi Mata Kuliah

Mata Kuliah Wajib Program Studi

SOSIO 70001Pengantar Sosiologi (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai tentang sejarah dan perkembangan ilmu sosiologi konsep-konsep dasar dalam sosiologi seperti struktur sosial, masyarakat dan kebudayaan, sosialisasi, interaksi sosial, pengendalian sosial, stratifikasi sosial, kelompok sosial, perubahan sosial dan hal-hal yang berhubungan dengan manusia sebagai mahluk yang bermasyarakat. Selain itu, akan disinggung tentang perkembangan sosiologi serta perspektif yang ada dalam sosiologi. 

SOSIO 70002Teori Sosiologi Klasik (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai gagasan sosiologi dan pemikiran teoritis pengemuka dan peletak dasar sosiologi, meliputi gagasan tentang masyarakat modern Aguste Comte, Emile Durkheim, Karl Marx, Max Weber dan George Simmel.

SOSIO 70003Teori Sosiologi Modern (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai arah pertumbuhan dan perkembangan aliran utama dalam teori-teori sosial Amerika pada abad 20 dengan segala pengaruh pemikirannya terhadap masalah sosial. Selanjutnya mengaplikasikan teori sosiologi sebagai alat analisis terhadap realitas sosial.

SOSIO 70004Pengantar Ilmu Sosial (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai fakta-fakta dan konsep-konsep penting di dalam ilmu sosial yang dibutuhkan mahasiswa untuk lebih memahami hakekat ilmu sosial.

SOSIO 70005Perubahan Sosial (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengertian dan cara mengindentifikasi perubahan sosial. Kemudian mahasiswa diberikan penjelesan menegani perspektif dan teori Antropologi dan Sosiologi mengenai mekanisme dan arah perubahan sosial. Pokok-pokok bahasan  mata kuliah adalah: pengertian dan cara mengidentifikasi perubahan sosial, perspektif dan teori-teori mekanisme perubahan sosia, perspektif dan teori-teori arah perubahan sosial.

SOSIO 70006 Etnografi (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai gambaran umum dan pemahaman kepada mahasiswa tentang keanekaragaman masyarakat dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Mata kuliah ini juga menekankan pada pola-pola umum kebudayaan suatu suku bangsa dengan melihat pada sistem kekerabatan, sistem religi, struktur sosial, nilai-nilai budaya yang dikembangkan serta pengaruh perubahan global terhadap eksistensi dan kondisi sosial budaya kelompok etnis di Indonesia.

SOSIO 70008Sistem dan Struktur Sosial (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pola prilaku berulang yang menciptakan hubungan antar individu dan antar kelompok dalam masyarakat dan pola hubungan antar manusia dan antar kelompok manusia atau masyarakat.

SOSIO 70009Sosiologi Pembangunan ( 3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai proses pembangunan, faktor-faktor dan dampaknya bagi masyarakat. Fokus pembahasan adalah negara-negara dan masyarakat yang sedang membangun, dan juga interaksinya dengan negara-negara maju dalam proses pembangunan. Dalam konteks ini dipelajari teori-teori yang relevan seperti teori modernisasi, teori depensi dan teori sistem dunia. Melalui mata kuliah ini diharapkan kepada mahasiswa mampu memahami, menjelaskan, dan menganalisis proses pembangunan secara teoritis.

SOSIO 70010 Sosiologi Pendidikan (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pendidikan sebagai institusi dengan menggunakan perspektif sosiologi, faktor-faktor yang mempengaruhi orientasi dan kualitas pendidikan (tujuan, input dan proses sosial) orientasi pendidikan di Indonesia (konvensionalisme dunia pendidikan sentralisasi dalam berbagai aspek kehidupan dunia pendidikan dan pendidikan berorientasi pasar).

SOSIO 70011 Filsafat Ilmu Sosial (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai filsafat sebagai induk dari ilmu pengetahuan, hakikat ilmu, filsafat ilmu (ontologi, epistimologi, aksiologi) serta ruang lingku ilmu sosial.

SOSIO 70015 Sosiologi Pedesaan (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai masalah-masalah pembangunan yang dihadapi masyarakat desa di Indonesia pada umumnya. Masalah-masalah ini dianalisis dari berbagai aspek seperti 1) faktor yang mempengaruhi pembangunan masyarakat desa baik dari dalam maupun dari luar. 2) Dinamika hubungan antar berbagai komponen governance dalammasyarakat desa, baik secara horizontal maupun secara vertikal. 3) Intervensi yang dilakukan untuk meningkatkan dinamika pembangunan masyarakat desa, sehingga demokrasi atau reformasi itu sungguh-sungguh mendatangkan kesejahteraan masyarakat desa dan bukan sebaliknya. Dalam kaitan ini diidentifikasi dalam potensi-potensi struktur sosial masyarakat desa yang dapat dikapitalisasi menjadi kapital sosial untuk keperluan pembangunan. 4) Mengangkat isu-isu ketidak adilan dalam sistem pembangunan desa di Indonesia seperti terlihat didalam DAU dan Alokasi Dana Desa (ADD)

SOSIO 70016 Sosiologi Perkotaan (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai masyarakat perkotaan berupa konsep sosiologi perkotaan, konsep kota, masyarakat kota, urbanisasi, interaksi kota dan desa, kemiskinan serta permsalahan sosial perkotaan dan teori-teori sosiologi perkotaan.

SOSIO 70018 Sosiologi Ekonomi (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai bagaimana perspektif sosiologi dalam memahami realitas ekonomi yang meliputi produksi, distribusi dan konsumsi barang dan jasa langka.

SOSIO 70021 Pengantar Statistik Sosial (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai berbagai teknik statistik dalam pengelolaan data serta penarikan kesimpulan yang meliputi analisis hubungan (korelasi) dan perbedaan (diferensiasi) dua atau lebih variable.

SOSIO 70022 Pengantar Metode Penelitian Sosial (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai metodologi penelitian sosial yang bertujuan membantu mahasiswa memperoleh gambaran tentang filsafat penelitian, metode ilmiah dan sejarah perkembangan penelitian sosial, serta perkembangan paradigma penelitian. Disamping itu juga mempelajari tipe penelitian, proses penelitian dan masalah penelitian secara umum, serta etika penelitian. Pembahasan mendalam akan dilanjutkan pada mata kuliah metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif.

SOSIO 70025 Aplikasi Bahasa Inggris/Bahasa Sumber (3 SKS)

                                    Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai bagaimana membaca, menerjemahkan dan memahami teks bacaan bahasa inggris, mendalami pokok bacaan dan mendalami bentuk kata dalam materi dan sumber ajar sosiologi.

SOSIO 70038Praktikum Metode Penelitian (Bimbingan Skrispi) (3 SKS)

                        Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai rancangan penelitian dan penulisan laporan penelitian serta metodeloginya sebagai tindak  lanjut dari materi kuliah metode penelitian sosial. Sebelum sampai pada pemecahaan masalah, para siswa diharapkan mampu melaksanakan penelitian (survei) yang dilakukan secara berkelompok (satu kelas).

SOSIO 70041Pengantar Antropologi (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai disiplin ilmu antropologi sebagai bagian dari ilmu sosial dalam taksotomi ilmu. Dalam memahami dasar-dasar ilmu antropologi sebagai bagian dari ilmu sosial, maka kuliah ini menekankan pada pemahaman konsep-konsep dasar yang ada dalam antropologi. Pokok-pokok bahasan dalam mata kuliah Pengantar Antropologi adalah pengertian, ruang lingkup, objek kajian dan metode ilmiah ilmu antropologi sebagai materi pendahuluan ke pemahaman tentang antropologi. Kemudian mahasiswa diperkaya dengan kajian tentang masyarakat, kebudayaan, dan dinamika masyarakat dan kebudayaan yang merupakan objek utama dari kajian ilmu sosial. Peserta kuliah juga diperkenalkan dengan beberapa konsep untuk memahami dinamika masyarakat dan kebudayaan.

SOSIO 70042Pendidikan Ilmu Sosial (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dasar mengenai pendidikan serta relevansinya engan llmu sosial.

SOSIO 70043Pengantar Ilmu Ekonomi (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai konsep-konsep dasar tentang ilmu dan keterkaitannya dengan ilmu-ilmu lain, serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

SOSIO 70044Dasar-Dasar Sejarah (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai sejumlah pengetahuan dasar ilmu sejarah dan cabang-cabang pengetahuan sejarah secara umum, terutama menyangkut kedudukan sejarah sebagai disiplin ilmu, serta hubungannya dengan ilmu.

SOSIO 70045Demografi / Kependudukan ( 2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai  pemikiran teoritis tentang demografi atau kependudukan yang dikaitkan dengan aspek keilmuan sosiologi kependudukan. Introduksi istilah ilmu kependudukan sesungguhnya dimaksud untuk memberi pengertian yang lebih luas daripada demografi formal, demografi murni atau kadang-kadang demografi teoritis. Kata demografi berasal dari Greek (Yunani) yang untuk pertama kali digunakan oleh Guiliard sebagai sinonim population study (Rusli, 1983: 1). Hauser memisahkan antara studi kependudukan dengan analisis demografi. Menurutnya analisis demografi merupakan analisis statistik terhadap jumlah, distribusi dan komposisi penduduk, serta komponen-komponen variasinya dan perubahan, sedangkan studi kependudukan mempersoalkan hubungan-hubungan antara variabel demografi dan variabel dari sistem lain.

SOSIO 70046Sosiologi Keluarga (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai keluarga secara umum dengan fokus telaah: konsep dasar, bentuk keluarga, fungsi keluarga, bentuk perkawinan, penatapan garis keturunan, perceraian, institusi keluarga sebagai saluran sosialisasi dan pembentukan kepribadian anak dan hubungan antara keluarga dengan institusi lain, serta perubahan sosial dan pengaruhnya terhadap keluarga. 

SOSIO 70049 Metode Penelitian Sosiologi Kuantitatif (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai ada banyak cara atau metode penelitian yang dapat dipakai dalam penelitian sosial pada umumnya, dan khususnya penelitian sosiologi. Salah satu model atau metode yang dapat dipakai dan dipelajari saat ini adalah model penelitian survey. Penelitian survey membutuhkan rancangan penelitian dengan tahap-tahap yang lebih baku dan terencana dibandingkan model lain seperti grounded, model-model penelitian kuantitatif lainnya. Rancangan tersebut menuntut pemahaman teorisasi, proposisi, konsep, variabel dan pengukuran variabel serta perumusan hipotesa.     

SOSIO 70050 Metode Penelitian Sosiologi Kualitatif (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai keterkaitan antara metode penelitian kualitatif dengan teori-teori sosiologi, esensi metode penelitian kualitatif, validitas data, analisis data dalam penelitian kualitatif, interpretasi data dan cara penulisan laporan penelitian kualitatif.

SOSIO 70052Masalah Sosial (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai seluk beluk masalah sosial, khususnya yang terkait dengan dinamika pembangunan dan perubahan sosial.

SOSIO 70054 Statistik Ilmu Sosial (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai mengolah, menganalisis dan menginterpretasikan data serta membuat kesimpulan dari hasil penganalisaan tersebut dengan menggunakan teknik statistik.

SOSIO 70061Dasar-Dasar Geografi (2 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai dasar-dasar dan tatanan ajaran geografi dan kaitannya dengan ilmu-ilmu lain.

 

Mata Kuliah Pilihan

Konsentrasi Sosiologi Pembangunan

SOSIO 70048 Sosiologi Organisasi* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai organisasi formal sebagai objek sosiologi organisasi, kepemimpinan, komunikasi, motivasi dan kepuasan kerja, birokrasi sebagai organisasi modern, model teori,  pendekatan,  perubahan dan dampak terhadap organisasi.

SOSIO 70017 Sosiologi Politik* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengaruh struktur sosial terhadap struktur dan prilaku politik, dampak struktur dan prilaku politik pada struktur sosial. Perkuliahan akan membahas saling pengaruh antara politik dan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Serta mengkaji tentang konsep dasar politik menurut perspektif sosial evolusi bentuk sistem pemerintahan, dinamika hubungan eliet dan massa dalam perspektif teori (Hegelian, Non-Marxian, dan Neo-Marxian), dinamika hubungan elite dan masa Indonesia (Tradisional, Colonial dan Kontemporer).

SOSIO 70028Sosiologi Industri* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai fenomena struktural dan kebudayaan yang berkembang sejalan dengan pertumbuhan industri. Dalam mata kuliah ini dipelajari dinamika perubahan yang terjadi didalam masyarakat dan diluar kawasan industri baik yang menyangkut interaksi kelompok, struktur sosial maupun prilaku.

SOSIO 70047 Sosiologi Gender* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai gender sebagai hasil konstruksi budaya sudah menjadi dasar pengorganisasian masyarakat, menimbulkan berbagai ketidak adilan dalam kualitas hidup perempuan dan laki-laki dan berbagai bidang kehidupan. Dalam sosiologi mainstream yang androcentris persoalan relasi gender tidak tersentuh sehingga pemahaman tentang masyarakat secara utuh tidak diperoleh. Mata kuliah ini mengisi kekurangan tersebut dengan membahas: berbagai konsep gender, berbagai isu kesenjangan gender, data dan statistik gender serta pengarus utaman gender dalam pembangunan sebagai suatu kritik dan pendekatan alternative dari pendekatan pengintegrasian perempuan dalam pembangunan.

SOSIO 70013 Sosiologi Lingkungan* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai isu-isu lingkungan dari berbagai pendekatan yang ada dalam sosiologi, mengeksplorasi saling berhubungan antara ketimpangan sosial dan lingkungan, melihat gerakan sosial yang terkait dengan lingkungan dan menganalisis peran-peran sosial, politik, dan budaya dari institusi dalam merespon perubahan lingkungan.

SOSIO 70069 Dinamika Kelompok* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai teori kepemimpinan dan dinamika kelompok,  dengan tujuan untuk memberikan pemahaman dan kemampuan serta keterampilan kepada mahasiswa dalam pengelolaan program pendidikan luar sekolah juga dalam menyelesaikan permasalahan - permasalahan yang terjadi dalam penyelenggaraan pendidikan luar sekolah. Untuk mencapai ke arah itu beberapa teori kepemimpinan dan di namika kelompok serta aplikasinya meliputi: Definisi kepemimpinan dan dinamika kelompok, teori motivasi, moral kerja, teori keputusan organisasional, kebutuhan informasi dan keputusan, definisi dinamika kelompok, pemecahan masalah dalama kelompok, interaks i sosial dalam kelompok,

kelompok kerja, pembentukan kelompok dan aplikasi dinamika kelompok dalam

penyelenggaraan program pendidikan luar sekolah

 

SOSIO 70067Sosiologi Birokrasi** (3 SKS)

Mata kuliah ini membahas tentang sosiologi dengan birokrasi. Hal tersebut berkaitan dengan birokrasi yang terjadi dalam masyarakat sehingga mahasiswa dapat menggunakan teori-teori sosiologi dalam pembahasan birokrasi dari berbagai macam paradigma menurut para ahli. Serta mahasiswa dapat menganalisis kasus birokrasi dari berbagai negara dan birokrasi pada masyarakat lokal.

SOSIO 70071 Analisis Kebijakan Publik* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai pengetahuan tentang analisis kebijakan publik sebagai suatu proses yang bergerak dalam sistem administrasi negara. Pembahasan dimulai dari latar belakang kebutuhan akan kebijakan publik, bagaimana kebijakan publik tersebut dirumuskan, diimplementasikan, hingga dilakukan evaluasi. Di dalam policy cycle tersebut, mata kuliah ini menekankan pada analisis pada setiap tahapan beserta metode yang digunakan

 

SOSIO 70053 Sosiologi Pasar* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai perkembangan pasar, sejarah pasar sebagai salah satu cara memahami tentang konsep kerja ekonomi yang menjadi transaksi pasar sebagai sebuah dasar kegiatan.

SOSIO 70059 Pemberdayaan Masyarakat * (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai konsep pemberdayaan masyarakat serta metode-metode dan strategi yang sering digunakan para ahli dalam pemberdayaan masyarakat.

SOSIO 70070 Analisis Dampak Lingkungan* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai dampak sosial budaya dari proses industrialisasi dan pengelolaan lingkungannya.  Menganalisis dampak social budaya tersebut dengan instrument baku

 

SOSIO 70019 Sosiologi Komunikasi* (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai mengenai kajian-kajian serta teori-teori sosiologi komunikasi dari berbagai perspektif yang ada. Dalam matakuliah ini mahasiswa juga diajak untuk mengetahui bagaimana persoalan-persoalan penting yang ada dalam sosiologi komunikasi terutama yang berhubungan dengan substansi interaksi orang-orang dalam masyarakat, termasuk komunikasi yang dilakukan secara langsung maupun dengan menggunakan media komunikasi dan semua konsekuensi yang terjadi dari seluruh komunikasi tersebut

 

Konsentrasi Masalah Sosial

SOSIO 70026Masalah Kemiskinan** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai defenisi, konsep-konsep teori dan perspektif kemiskinan menurut beberapa ahli. Kemudian menjelaskan beberapa bentuk dan penyebab kemiskinan serta mengkaji strategi-strategi dalam mengatasi masalah kemiskinan.

SOSIO 70072Sosiologi Korupsi** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai sejarah korupsi, factor-faktor yang mendorong menjamurnya praktik korupsi dalam masyarakat, relasi birokrasi dan korupsi, penanggulangan atau pemberantasan korupsi, praktik korupsi di pemerintahan, perusahaan dan lembaga swadaya masyarakat. Implikasi korupsi terhadap kemiskinan struktural

SOSIO 70066Sosiologi Konflik dan Rekonsiliasi** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai penyebab konflik, terutama faktor ekonomi, politik dan hukum, serta membahas pendekatan-pendekatan resolusi konflik. Pada mata kuliah ini juga dibahas peran ORNOP (Organisasi non Pemerintah) dalam resolusi konflik.

SOSIO 70020Sosiologi Prilaku Menyimpang** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai konsepsi prilaku menyimpang, model, penyebab atau proses pembentukan prilaku menyimpang, teori, aneka bentuk prilaku menyimpang, masalah sosial dan pengendalian sosial, serta teknologi, media massa dengan menganalisis kasus-kasus prilaku menyimpang yang terjadi di dalam masyarakat.

SOSIO 70057   Sosiologi Kesehatan** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai konsep dan aspek-aspek kesehatan, penyakit dan pengobatan dalam berbagai masyarakat dan kebudayaan, memahami konsep sakit serta memahami tentang sistem medis tradisional dan modern dalam program kesehatan.

 

SOSIO 70056   Sosiologi Kriminal** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai kejahatan sebagai masalah sosial yang dapat berpengaruh terhadap pembangunan disegala bidang, baik dipedesaan maupun di perkotaan.

SOSIO 70068Sektor Informal** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai sektor informal, dimana saja baik pada masyarakat perkotaan dan pedesaan yang tidak terserap pada sektor formal. Pada pembahasan sektor formal mahasiswa dapat menggunakan berbagai macam paradigma menurut para ahli terhadap fenomena yang terjadi dalam masyarakat.

 

SOSIO 70012 Sosiologi Hukum** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai fenomena hukum, praktek-praktek hukum oleh peran tenaga hukum dalam kaitannya dengan lingkungan norma-noram hukum: hukum adat, hukum negara (positif) dan hukum agama. Hubungan antara pengendalian sosial, pengawasan masyarakat, politik hukum dalam dinamika kehidupan masyarakat Indonesia.

SOSIO 70024  Sosiologi Agraria** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai konsep dasar agrarian, perubahan dan tipologi struktur agrarian, transisi agrarian, transformasi agrarian konflik dan kebijakan agraria di Indonesia, dan reformasi agaria sertakajian empiris dengan kasus disejumlah daerah di Indonesia.

SOSIO 70055Sosiologi Anak dan Remaja** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai defenisi, konsep, landasan teoritis dan perspektif sosiologis tentang anak dan remaja implikasi dari perbedaan gender menurut beberapa ahli kemudian menjelaskan landasan yuridis kesadaran gender serta beberapa pendekatan perempuan dalam pembangunan serta mengkaji metode penelitian perspektif dengan menggunakan kerangka kerja sosiologis.

SOSIO 70014Sosiologi Agama** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai agama dari dimensi sosiologi. Mengkaji bahwa agama tidak semata-mata dogma dan sistem keyakinan, tetapi juga merupakan suatu konstruksi sosial. Oleh sebab itu mahasiswa diharapkan dapat membedakan antara agama sebagai pelajaran moral dan sistem keyakinan dengan agama sebagai konstruksi sosial.

SOSIO 70060Masalah Perburuhan di Indonesia** (3 SKS)

Mata kuliah ini bertujuan memberikan penjelasan kepada mahasiswa mengenai defenisi, konsep-konsep, teori dan perspektif  hubungan kerja menurut beberapa ahli, kemudian menjelaskan beberapa bentuk dan penyebab munculnya dan masalah perburuhan serta mengkaji strategi-strategi dalam mengatasi masalah perburuhan.