foto1
Dosen dan Karyawan Program Studi Pendidikan Sosiologi
foto1
KLT Prodi Pendidikan Sosiologi 2018
foto1
Visitasi 2016 dan Kongres Sosiologi IV Prodi Pendidikan Sosiologi
foto1
Prodi Pendidikan Sosiologi

Login Form

         14-16 April 2016, Program Studi Pendidikan Sosiologi STKIP PGRI Sumatera Barat Melaksanakan Kegiatan Tahunan yaitu “Kuliah Lapangan Terpadu (KLT)” bagi mahasiswa angkatan 2014 di Jorong Lubuak Simato, Nagari Sungai Antuan Kecamatan Mungka Kabupaten 50 Kota. Kurang lebih 200 mahasiswa yang ikut KLT ini.

          Adapun kegiatan yang dilakukan para mahasiswa ini adalah untuk melaksanakan aplikasi dari mata kuliah yang dipelajari di bangku kuliah, seperti Aplikasi mata kuliah Sosiologi Pedesaan, Metodologi Penelitian, dan Sosiologi Ekonomi. Pada hari pertama KLT mahasiswa langsung terjun ke lapangan untuk menemui warga, para mahasiswa akan mewawancarai warga seputar kehidupan sosial budaya dan ekonomi, seperti mata pencaharian warga, budaya sekitar, sampai pada pemberdayaan pada masyarakat yang dilakukan oleh para dosen sosiologi. Salah satu Pemberdayaan yang dilakukan adalah mengenai air bersih bagi warga yang pernah dilakukan oleh Ibu Isnaini salah satu dosen dari prodi sosiologi, memang dahulunya warga di sekitar jorong Lubuk Simato Mnengalami kesulitan untuk mendaptkan air bersih.. lanjut pada hari kedua KLT, para bapak/ibu dosen juga melakukan pengabdian masyarakat di Sekolah yaitu di SMP Negeri 2 Mungka, selanjutnya pada malam harinya dilanjutkan dengan pengabdian masyarakat bersama masyarakat dengan tema koperasi perempuan dan penanganan narkoba yang dilakukan oleh tim dosen prodi sosiologi.

            Selanjutnya pada hari ketiga KLT, mahasiswa dan Dosen  melakukan kegiatan Gotong Royong bersama warga di salah satu Masjid, Mushalla dan Posyandu. Kegiatan ini merupakan kegiatan penutup dari Kuliah Lapangan Terpadu, setelah banyak dilakukan berbagai kegiatan selama KLT berlangsung selam tiga hari berturut-turut. Pada malam harinya kegiatan penutupan dilaksanakan di salah satu tenda, yang ditutup langsung oleh Ketua Prodi Sosiologi STKIP PGRI Sumbar Ibu Dr. Maihasni, M.Si bersama bapak Wali Nagari Sungai Antuan beserta jajaran disaksikan oleh para warga sekitar. Acara pun diakhiri dengan saling bertukar cendera mata dari STKIP PGRI Sumbar kepada pemerintah Nagari setempat.

 

Pengarahan Dari Dosen Sebelum Mahasiswa Ke Lapangan

Pertemuan Pimpinan Prodi dengan Pemuka Masyarakat Setempat

Gotong Royong