foto1
Dosen dan Karyawan Program Studi Pendidikan Sosiologi
foto1
Keakraban dan KLT Prodi Pendidikan Sosiologi
foto1
Visitasi 2016 dan Kongres Sosiologi IV Prodi Pendidikan Sosiologi
foto1
Prodi Pendidikan Sosiologi

Login Form

STKIP PGRI SUMBAR. Program Studi Pendidikan Sosiologi mengadakan Pembekalan Wisudawan angkatan ke VIII pada wisuda ke 53 STKIP PGRI Sumbar sekaligus MUBES ke II Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Sosiologi (IKAPAS) STKIP PGRI Sumatera Barat Periode 2016-2020 pada Sabtu, 10 September 2016, sekaligus launching Mars Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Sosiologi (IKAPAS) STKIP PGRI Sumatera Barat, dengan judul Mars “Rumah Kita”.

                Pembekalan Wisudawan merupakan agenda rutin setiap kali pelaksanaan wisuda di STKIP PGRI Sumbar. Acara ini dihadiri langsung oleh Wakil Ketua II Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama STKIP PGRI Sumbar Bapak Jarudin Ph.D, Ketua Unaker Humas Ibu Dra. Sefna Rismen, M.Pd, beserta jajarannya, Ketua Prodi Sosiologi Dr. Maihasni, M.Si, Sekretaris Prodi Sosiologi Marleni, M.Pd serta bapak/ibu dosen Prodi Sosiologi dan Karyawan serta undangan. Pada acara pembukaan Wakil Ketua II Bapak Jarudin, Ph.D mengatakan kepada calon wisudawan ini merupakan langkah awal perjuangan setelah mendapatkan ilmu di bangku kuliah. “Setelah selesai wisuda ini merupakan perjuangan ananda semua, terus berdoa dan berusaha, imbuhnya”.

                Tidak jauh berbeda dengan Wakil Ketua II, Ketua Prodi Sosiologi Ibu Dr. Maihasni, M.Si juga mengatakan kepada calon wisudawan untuk tetap menjaga tali silaturahmi dengan almamater, karena peran saudara diluar sangat penting bagi Kampus kita ini ujar Ibu Maihasni. Setelah rangkaian pembuka acara selesai, tiba pada acara inti yaitu pembekalan wisuda. Adapun narasumber pembekalan tersebut adalah Ibu Dr. Rahmi Fahmy, SE,. MBA Direktur Pascasarjana Magister Management  Fakultas Ekonomi Universitas Andalas. Pembekalan mengambil tema “Soft Skill dan Kesiapan  Menyongsong Dunia Kerja”. Ibu Rahmi Menekankan kepada soft skill dalam dunia kerja, bagaimana pelayanan yang baik, karakter yang baik serta bagaimana menerapkan ilmu yang didapat di bangku kuliah. Dalam sesi tanya jawab, salah satu calon wisudawan menanyakan bagaimana peran penting link atau hubungan pada orang lain jika ingin mencari pekerjaan. Ibu Rahmi menegaskan bahwa link bukan satu-satunya kunci untuk mendapatkan pekerjaan, yang terpenting adalah usaha dan berdoa, selain itu adalah bagaimana kita memberikan yang terbaik pada apa yang kita niatkan, Percayalah, ujar Ibu Rahmi. Selanjutnya, pembekalan wisudawan yang dilakukan oleh Tim Unaker dan Humas STKIP PGRI Sumbar yang dipimpin Ibu Dra. Sefna Rismen, M.Pd membekali para calon wisudawan dengan materi bagaimana cara menghadapi psikotes dan wawancara, cara membuat  CV dan surat lamaran kerja, serta cara mengisi tracer study ini berguna untuk alumni jika nanti sudah mendapatkan pekerjaan wajib mengisi tracer study ini berfungsi untuk akreditasi institusi.

                Setelah selesainya acara pembekalan wisudawan, pada pukul 13:00 dilanjutkan Musyawarah Besar (MUBES) ke II Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Sosiologi (IKAPAS) STKIP PGRI Sumatera Barat Periode 2016-2020 yang pada inti dilaksanakan acara ini adalah memilih Ketua dan Pengurus baru. Pada Musyawarah Besar (MUBES) ke II Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Sosiologi (IKAPAS) STKIP PGRI Sumatera Barat Periode 2016-2020 pimpinan sidang yaitu Irwan, S.Pd., M.Si, Syamrizal Ramadhani, S.Pd dan Wenny, S.Pd. Pada pemilihan ketua alumni Sosiologi, terpilih yaitu Romi Mesra, S.Pd sedangkan wakil ketua alumni yaitu Syamrizal Ramadhani Sekretaris Irwan, S.Pd,.M.Si (Sekretaris 1), Eriyus Zikra, S.Pd (Sekretaris 2) dan Bendahara Wenny, S.Pd. Acara MUBES IKAPAS ini sangat diapresiasi oleh pihak prodi sosiologi yang diwakili oleh Sekretaris Prodi Sosiologi Ibu Marleni, M.Pd beliau mengatakan bahwa peran serta alumni sangat berpengaruh terhadap akreditasi prodi sosiologi untuk kedepannya dan untuk kampus kita tercinta ini khususnya. Selain itu, Ibu Marleni juga berpesan untuk dapat menjaga kekompakan alumni semoga alumni dan IKAPAS semakin sukses. Pelaksanaan Musyawarah Besar (MUBES) ke II Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Sosiologi (IKAPAS) STKIP PGRI Sumatera Barat berjalan dengan lancar sehingga alumni semakin bersatu untuk memajukan alumni kedepanya. Ujar irwan, bahwa alumni pendidikan Sosiologi STKIP PGRI sumbar telah mencapai 744 orang. Dari 744 orang telah tersebar tidak saja di Suamtera melainkan telah berada di pulau Jawa. Sebagian dari mereka telah bekerja dan melanjutkan pendidikan S2 dalam rangakain menambahkan ilmu pengetahuan. Mereka tidak saja bekerja sebagai profesi guru melainkan bekerja di instansi pemerintah atau instansi swasta seperti Kantor DPRD Sumbar, Dinas Koperasi UMKM Kota Padang, Pendiri Yayasaan, Dinas BKKBN Kabupaten Tebo Jambi, Bank Muamalat Jakarta, Dinas Pekerjaan Umum, LSM, Perusahaan Milik BUMN maupun swasta, Wirausaha dan masih lagi yang lainnya. Acara Musyawarah Besar (MUBES) ke II Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Sosiologi (IKAPAS) STKIP PGRI Sumatera Barat sebagai ajang untuk bisa silaturahami diantara alumni sehingga tema MUBES KE-II yaitu “Taragak Basuo Mambangun Carito Jo Kawan lamo”

 

Tema Acara Pembekalan Alumni Wisuda Ke-53 dan Narasumber

 

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Sambutan Dari Ketua Program Studi Pendidikan Sosiologi Ibu Dr. Maihasni, M.Si

Sambutan Dari Waka II Bapak Jaruddin, Ph.D

Pembukaan Acara Oleh Waka II Di Dampingi Pimpinan Prodi dan Narasumber

penyerahan Cendramata Oleh Pimpinan Prodi

Sekretaris Prodi Ibu Marleni, M.Pd dan Alumni